Monday, October 16, 2006

ais

suatu siang, ais tiba-tiba nyodorin kue pancong dari kantong plastik yang biasa dijual di depan sekolah anak sd. ada lebih dari 20 potong. masih anget.

"choy, mau gak?"
"apaan nih is?"
"ane ulang taun choy."

gue diem.

"ambil aja satu."

sambil liatin mata si ais, gue ambil satu. gue ga tau harus bilang apa saat itu. perasaan gue campur baur. ada beberapa alasan kenapa gue begitu. ais, dia temen kerja, belum diangkat jadi karyawan. rajin salat. dan jarang ngomong.

hobinya ga jelas. bikin blog pun isinya aneh-aneh. resep makanan sampe tentang alien yg ditulis dengan diksi yang kacau. sekali dua kali main friendster, itu pun cuma coba-coba kenalan dengan cewek--pernah suatu kali dia cerita kenalan dan ngajak ketemu, begitu ketemu tuh cewek ga mau lagi kontak-kontakan. hahaha. bego.

ais, sepintas, baiklah anaknya. alisnya tebel. berjanggut, dengan tinggi sekuping orang dewasa. di jidatnya ada cap item khas orang rajin salat.

dan yang bikin gue sangat trenyuh adalah, sewaktu dia mungutin koran-koran bekas di kantor. sewaktu gue tanya buat apa, dia cuma jawab singkat dengan air muka yang datar. "emak ane jualan pisang goreng di rumah, ini buat bungkusnya choy."

ais... gue ga tau harus bilang apa. dari seluruh acara ulang tahun temen, cuma lo yang bikin gue berhari-hari--bahkan sampe sekarang--terus menerus keingetan dan jadi susah tidur kalo inget. terlebih lagi kalo inget waktu lo mungutin koran-koran itu... untuk bungkus pisang goreng "emak ane" di rumah. duh. (andai lo liat matanya waktu ngomong itu...)

ais... mak yang jual pisang goreng... ulang taun dengan kue pancong... dan status karyawan yang belum pasti...

Tuhan, di mana sih diri-Mu di saat-saat begini?

18 comments:

wawan said...

subhanallah... nikmatnya menjaga hati.

sering kita lupa pada diri kita dan sering pula kita hanya mencari cari kekurangan pada diri orang lain yang ternyata kita lupa pada diri kita sendiri.

subhanallah... yang menciptakan mahluk beraneka ragam... agar manusia berfikir.

pait bagi anda tidak untuk ais

me said...

capeeeek!!!

me said...

capeeek aaaaapppp!!! garemin deh nih gareminnnn! ga kuat nih sumpah!

me said...

sehari-hari yang ais bisa lakuin cuma diem dan nulis... sambil terus mungutin koran-koran bekas... liat gak sih looo!!!capeeekkkk!!!

Anonymous said...

aah choy...dibalik sikapnya yg super duper nyebelin bin njelehin.. selalu saja bisa bikin gw tercenung..

aje gile blogna euy! beureum..

iteung said...

Tuhan ada d mana-mana...dan Dia meletakkan Ais pada posisi yang terbaik untuknya.

Selamat ulang tahun buat Ais, semoga selalu dilimpahkan berkah dan hidayah dari Allah...amin.

cieeeee...blognya berani euuuyyy...jadi inget salah satu partai moncong putih ni, hihihi...gut gut...

Yayat R Cipasang said...

Ais adalah potret "buram" dot oh oh. Ais juga adalah cermin kegelisahan dari buruh yang sudah lima tahun terkatung-katung. Pahit, getir, asam, basa, tawar dan entah apalagi. Tapi aku yakin Ais masih punya optimisme. Entah optimisme ini mewakili semuanya atau tidak. Entahlah!

AnryNovh said...

Ibarat pengarang era jadul atau jaman doeloe, AIS itu sudah nyantrik di banyak temen-temen gw. Dari Ocid yang "poenya Tangerang" sampe genta yang "poenya Bekasi.

Dan warna-warni pula tulisannya, asalkan jangan diganggu. Biarkan aja mengalir meski tak menyembur seperti lumpur Lapindo.

Dan, akankah AIS bisa menjadi cantrik bagi ais-ais yang lain, setelah nyantrik selama dua tahun lebih.

Duh...

Walau mungkin tak banyak yang berempati, paling tidak Tuhan tak tuli, bagi pemuda yang mengasihi bundanya.... Surga ada di telapak kaki ibu.

Anonymous said...

ais said:

Allah tetap memantau hamba-Nya yang senang dan kesusahan. Allah juga sengaja memberi salah satunya cobaan untuk menguji tingkat keimanan hamba-Nya. Karena itu saya bersyukur dengan kondisi ini. Dengan begitu aku merasakan Allah itu dekat. Kenyataanya keluargaku sehat-sehat aje sejauh ini, rezeki pun tetap mengalir seiring banyaknya pesanan setiap hari (amin) :)

soal kepastian diterima tidaknya kuserahkan sekali lagi kepada Allah, nothing to loose aja. karena ais punya rencana Allah yang menentukan. dan dibalik keputusan Allah ada hikmahnya, koreksi bila salah :)

makasih doanya :) wassalam

me said...

ais bicara! ais bicara! ais bicaraaa!!! terima kasih Tuhan, terima kasih banget!

*is, pesen dong kapan-kapan pisangnya? boleh kan?

Anonymous said...

AIS.........co dengan muka tanpa dosa, smailing face bow....

Anonymous said...

ntar di akherat ga ditanya.. eh lu kerja dimana.? :D

met ultah ya.. kalo cari jodoh sekalian cari in satu buat jamal ya..

Anonymous said...

selamet yah is ...
-speechless-

me said...

perhatiin komen ais deh, kadang pake aku, kadang saya... ga salah kan gue kalo gue bilang diksi dia kacau. hehehe... canda is... pisang pesen dong ane is... mayan buat buka... 50 ribu boleh kan?

the dark knight said...

maksud lu apa bon, bawa-bawa nama gua ??

tapi ya, selamat ulang tahun buat ais..., terus doanya semoga diterima is... amin!!

Anonymous said...

*mudah2an gak telat*
met ulang taon is!
mana pisang gorengnya?
*loh?*

Anonymous said...

tulisannya sangat menyentuh...*gag sengaja mampir dan kecebur*

me said...

hehehe gitu ya... tehmaniez siapa? ga pake es nih teh manisnya? ;)