Saturday, September 13, 2003

Istilah Fotografi

DECISIVE MOMENT:
Puncak kejadian. Yaitu saat-saat yang menentukan keberhasilan sebuah foto, di mana terjadi puncak gerakan atau aksi dari subjek pemotretan. Bila pemotret mampu memanfaatkan saat seperti ini pada setiap peristiwa, maka boleh jadi akan menghasilkan foto yang baik.


DENSITOMETER:
Alat untuk mengukur density yang sangat penting keberadaannya saat mencetak foto berwarna.


DENSITY:
Densiti. Kepekatan dalam fotografi. Istilah ini untuk menyatakan tebal tipisnya lapisan perak yang melekat pada film. Semakin pekat suatu warna, berarti semakin gelap, semakin berat warnanya.


DEPTH:
Kedalaman. Adalah efek dimensional yang timbul karena adanya perbedaan ketajaman.


DEPTH OF FIELD PREVIEW LEVER:
Tuas pengontrol ruang tajam, untuk mengetahui ruang tajam yang direkam oleh kamera.


DEPTH OF FIELD:
Adalah bagian yang tampak tajam (tidak buram) dan jelas, yang berada dalam jangkauan tertentu, biasa juga disebut sebagai ruang tajam. Sebuah ruang di depan kamera di mana jarak yang terdekat tertentu dengan yang terjauh yang tampak tajam atau fokus dalam gambar. Sangat bergantung pada pemakaian diafragma, panjang lensa dan jarak objek.


DEVELOPING DRUM:
Tabung pengembang (cuci) film. Adalah suatu tabung yang kedap cahaya, yang digunakan untuk mengembangkan (mencuci) film.


DEVELOPING TANK:
Tangki atau tabung yang digunakan untuk memeroses film negatif. Film yang berada di dalamnya tidak akan terkena sinar meski lubang di atas tabung seperti tidak tertutup, karena sistem kedap cahaya yang diciptakan.


DEVELOPING TRAY:
Baki pengembang. Adalah tempat yang digunakan untuk proses pengembangan foto. Dalam proses cuci-cetak hitam-putih manual, yang menggunakan enlarjer (pembesar), biasanya dibutuhkan empat buah baki seperti ini. Terdapat berbagai ukuran baki, sesuai besarnya kertas cetak foto.


DIAPHRAGM:
Diafragma. Adalah lubang di dalam lensa kamera tempat masuknya cahaya saat melakukan pemotretan. Pada lensa, lubang ini dibentuk oleh kepingan-kepingan logam tipis yang berada di dalam atau di belakang lensa yang membentuk lubang yang dapat diciutkan atau dilebarkan.

0 comments: