Wednesday, July 05, 2006

gengsi

berapa harga sebuah gengsi? jawaban sederhananya, tergantung standardisasi masing-masing orang. ada yang murah, sedang-sedang saja, mahal, bahkan teramat mahal.

bicara soal gengsi, tak akan pernah bisa lepas dari yang namanya materi. ingin ini dan itu, jelas perlu uang untuk mewujudkannya. tapi kalau hidup harus memaksakan diri demi gengsi, apakah perlu?

mereka yang bijak pasti akan bilang tidak perlu, tapi kita hidup di tengah zaman yang isinya tak melulu orang bijak. di antara kita barangkali pernah melihat, ada orang yang selalu ngebela-belain agar penampilan lebih wah. ada semacam niat agar citra di luar dirinya menonjol dan dengan demikian mereka yang melihat akan respek. padahal, apa yang dimunculkan bukanlah dirinya sendiri alias buah dari pemaksaan.

ada banyak contoh, sebetulnya. salah satu contoh saja, ada orang yang menolak naik bus karena enggan dibilang bukan kaum berpunya. meski kendaraan pribadi tidak punya, maka dipaksakannyalah naik taksi. akibatnya, uang gaji yang pas-pasan habis begitu saja demi transpor. tabungan kosong. boro-boro bisa beli baju atau kredit cicilan rumah. hidup begini bagi mereka yang gajinya cukup tentu tak akan jadi soal.

gengsi itu merusak, lho. bikin hati jauh dari rasa bahagia, karena yang dipikirkan hanyalah bagaimana orang melihat kita, bukan karena kita ingin bahagia. dan jika Anda merasa gengsian--untuk mendeteksinya tanyakan saja hati kecil dan jawab dengan jujur--lebih baik lupakan saja agar hidup Anda bisa bahagia.

"jika kita ingin hidup bahagia, kita harus hidup sederhana. apabila Anda memakai jas mahal, Anda pasti khawatir akan rusak, kotor atau hilang. apabila Anda mengelilingi diri dengan barang mewah, Anda kerap cemas barang itu hilang atau rusak. di mana hartamu berada, di situ pikiranmu berada. engkau akan terbelenggu oleh sesuatu yang fana," begitu kata toyohiko kagawa, pemikir jepang.

ingatlah, ada banyak hal di dunia ini yang tak melulu mengedepankan citra....

1 comments:

Anonymous said...

huehehehe...daku setuju lah :D