Sunday, September 07, 2003

Istilah Fotografi

CORRECT EXPOSURE:
Pencahayaan normal atau tepat. Suatu istilah yang sering digunakan saat melihat suatu film atau cetakan foto yang tidak kekurangan atau kelebihan pencahayaan.

CROMOFILTER:
Penyaring (filter) sinar yang hanya mengandung warna separuh dari lingkarannya. Digunakan untuk mengoreksi warna dalam suatu pemotretan yang bidang bawah dan bidang atasnya sangat atau kurang kontras. Terdapat banyak pilihan penyaring sejenis ini yang dapat digunakan.

CROPPING:
Adalah pemadatan/pemotongan gambar dengan membuang bagian-bagian tertentu yang kurang dikehendaki berada dalam foto atau sesuatu yang tercetak. Biasanya bertujuan untuk memperbaiki komposisi atau tujuan-tujuan lain untuk menyederhanakan subjek.

CROSS SCREEN FILTER:
Penyaring (filter) yang mengandung goresan-goresan bersilangan, sehingga bila diarahkan pada lampu-lampu, setiap persilangan akan membentuk bintang berekor dari setiap lampu.

CS:
Singkatan dari continuous soft. Yaitu pergerakan motor kamera dengan suara lembut. Pilihan mode ini sering digunakan untuk memotret dalam situasi di mana bunyi-bunyian atau sesuatu yang berbunyi dilarang, seperti dalam pertunjukan panggung atau memotret binatang yang telinganya peka.

D.19:
Adalah jenis larutan pengembang film yang kontrasnya tinggi, yang biasa digunakan untuk mengembangkan film x-ray dan film aerial.

DAILY LIFE - D/DLS:
Adalah salah satu kategori yang dilombakan dalam World Press Photo. Foto-foto (DL) atau sekumpulan foto yang bercerita/portfolio (DLS) menggambarkan kekayaan atau keragaman hidup sehari-hari.

DATA BACK:
Yaitu perekam tanggal atau data lainnya pada kamera modern yang terletak pada punggung kamera.

DATA IMPRINT:
Fasilitas pencetakan data pada film.

DAYLIGHT FILM:
Film untuk digunakan pada cahaya hari (cerah). Film seperti ini khusus diperuntukkan bagi pemotretan di alam terbuka, di bawah cahaya matahari (cahaya alami), tetapi juga dapat dipakai di bawah cahaya buatan yang berwarna putih.

0 comments: